Tingkatkan Pelayanan Operational Excellence Untuk Konsumen, KTB Relokasi Diler di Singkawang

Singkawang, Kalimantan Barat – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan Mitsubishi Fuso di Indonesia, lakukan relokasi jaringan dilernya yaitu PT. Gemilang Berlian Indah yang dilaksanakan pada 9 September 2021 melalui virtual.

Acara peresmian dibuka oleh Presiden Direktur KTB, Naoya “Rocky” Takai dan Direktur Utama PT. Gemilang Berlian Indah, Sjamsiar Achmad Bunjamin. Dalam kesempatan tersebut, keduanya menyampaikan bahwa relokasi jaringan ini dilakukan agar lebih mudah diakses oleh konsumen serta mendukung bisnis pelanggan tetap berjalan.

Berbeda dari lokasi sebelumnya, diler yang berlokasi di Jl. Ratu Sepudak No. 88 Singkawang Utara ini bertempat di lokasi yang lebih luas dan berada sangat strategis di jalur lintasan truk. Hal ini tentunya kian mempermudah pengemudi dan pemilik kendaraan niaga Mitsubishi Fuso untuk menjangkau diler dan mendapatkan pelayanan terbaik baik untuk perawatan maupun perbaikan dalam operasionalnya sehari-hari.

Dalam acara peresmian tersebut, Naoya “Rocky” Takai, Presiden Direktur PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors menyampaikan bahwa Kalimantan adalah area potensial yang akan terus berkembang untuk pasar kendaraan komersial khususnya di sektor perkebunan kelapa sawit, pertambangan bauksit, dan perkebunan karet. Kendaraan komersil Mitsubishi FUSO mendapatkan minat yang cukup baik dari masyarakat Kalimantan, terutama untuk varian Colt Diesel yang menguasai pangsa pasar sebesar 55% pada Januari – Juni 2021 di wilayah Singkawang dan FIGHTER yang berhasil menyumbang 28% dalam 3 tahun terakhir kepada penjualan nasional KTB.

“Terlebih lagi dengan implementasi Euro4 yang dipercepat pada 2022, kami berkomitmen untuk tidak hanya menyediakan produk yang berkualitas namun juga menyiapkan layanan purna jual FIGHTER yang menggunakan teknologi mesin common rail yang menjadi persyaratan wajib Euro4, melalui diler-diler kami yang terletak di area yang representatif, terletak di perlintasan truk, dan mudah diakses oleh pelanggan khususnya di era pandemi dan PPKM seperti saat ini”, ujar Rocky.

Dibangun diatas tanah seluas 3.039,5 m2 dengan luas bangunan 930,5 m2, dealer ini merupakan diler eksklusif Mitsubishi Fuso di Indonesia. Dengan fasilitas layanan 3S (sales, service, spare parts) diler PT. Gemilang Berlian Indah – Singkawang memiliki layanan penjualan yang lengkap dan nyaman, meliputi display unit, sales consultant yang handal dan akan menjadi partner konsumen untuk menemukan solusi tepat bagi usahanya, serta dan Service lounge yang nyaman dengan fasilitas Free Wifi & TV Kabel.

Di area bengkel, diler PT. Gemilang Berlian Indah – Singkawang memiliki kapasitas perbaikan kendaraan hingga 8 kendaraan per hari yang ditunjang dengan 3 stall untuk fasilitas servis umum dan 1 stall inspection line. Selain layanan MWS (Mobile Workshop Service) bagi konsumen dalam kondisi mendesak yang membutuhkan service di lokasi tertentu, tersedia layanan Service Booking dengan menghubungi diler di nomor telepon 0562-421 2553 pada jam operasional Senin – Jumat 08:00 – 16:30 WIB dan Sabtu 08:30 – 12:00 WIB. Dealer juga siap memenuhi kebutuhan konsumen akan ketersediaan suku cadang lini kendaraan komersil Mitsubishi FUSO.

Guna memberikan banyak keuntungan untuk konsumen, PT. Gemilang Berlian Indah – Singkawang menawarkan promo penjualan DP Ringan, Special Cashback pada saat acara pembukaan, hadiah SPK berupa 1 buah Samsung Tab untuk setiap pembelian Colt Diesel dan Fuso. Serta berbagai promo service dan spare parts hingga 15%. Setelah diresmikan, KTB berharap kehadiran PT. Gemilang Berlian Indah – Singkawang memberikan kontribusi pada pembangunan ekonomi khususnya di area Singkawang, Bengkayang, dan Sambas.

Mitsubishi Fuso Meluncurkan Gebyar Tengah Tahun Untuk Mendorong Pemulihan Pasar 2021

Jakarta, Indonesia – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi Kendaraan Komersial Mitsubishi Fuso, meluncurkan program sales & aftersales baru yang disebut “Gebyar Tengah Tahun” untuk mendorong pemulihan pasar lebih lanjut di tahun 2021. Seluruh konsumen dan calon konsumen Mitsubishi Fuso dapat menikmati keuntungan tambahan dengan mengikuti program di bawah ini;

  1. Setiap pembeli truk Mitsubishi Fuso akan mendapatkan TV* dan cashback Rp 1.000.000**
  2. Setiap pembeli “paket perawatan berkala hingga 100.000 KM” akan mendapatkan banyak hadiah spesial seperti:
    – Dapatkan 1 Coffee Maker + 50.000 voucher tunai/unit
    – Ekstra diskon 10% untuk Layanan & 15% Suku Cadang.
    – Biaya layanan tetap di setiap area

Promo ini berlaku sampai dengan bulan Agustus 2021. Semua transaksi akan tunduk pada syarat dan ketentuan masing-masing program. *berlaku untuk varian tertentu. **Cashback Rp1.000.000 berlaku untuk pembelian melalui Dipo Star Finance.

Duljatmono, Direktur Penjualan dan Pemasaran KTB, berpesan, “Saya mengapresiasi pelanggan setia kami yang tetap memilih Fuso dan tetap bersama kami selama pandemi COVID-19. Kami berkomitmen untuk memberikan dukungan terbaik kepada pelanggan setia kami dan bisnis mereka. Pada saat yang sama, saya ingin menawarkan “penghargaan” kepada pelanggan setia kami melalui Program Gebyar Tengah Tahun. Hal ini ditawarkan kepada calo pelanggan baru kami juga! Silakan hubungi perwakilan dealer resmi kami di wilayah Anda untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.”

Mitsubishi Fuso Meluncurkan Gebyar Tengah Tahun Untuk Mendorong Pemulihan Pasar 2021

Permintaan pasar CV pada semester 1 2021 (Januari-Juni) menunjukkan pertumbuhan yang sangat positif, yaitu meningkat 25,1% dibandingkan tahun lalu. Mitsubishi Fuso mencapai 45,5% pangsa pasar sebagai pemimpin pasar utama.

Tentang KTB

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) is the official distributor of Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC), selling Colt Diesel light duty truck, FUSO & FIGHTER medium duty truck, and Tractor Head heavy duty truck under the Mitsubishi Fuso brand. Since 1970 KTB has successfully maintained Mitsubishi Fuso’s position as the leader in the commercial vehicle market and has the largest truck population in Indonesia.

Mitsubishi Automotive Group Dukung Pemerintah Indonesia dalam Program Penanggulangan COVID-19

Jakarta, 3 Agustus 2021 – Grup otomotif Mitsubishi dan partner Indonesia Krama Yudha Group yang diwakili oleh Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) dan Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), turut berpartisipasi mendonasikan 500 unit konsentrator oksigen dan 10.000 unit alat tes rapid antigen Covid-19 untuk mendukung Pemerintah menangani pandemi Covid-19 di Indonesia. Ketiga perusahaan ini membawahi entitas, kegiatan produksi dan penjualan mobil penumpang dan kendaraan niaga ringan dari Mitsubishi Motors Corporation dan kendaraan niaga Mitsubishi di Indonesia dari Mitsubishi FUSO Truck and Bus Corporation.

Pada Kamis, 22 Juli, alat tes rapid antigen tersebut diserahkan kepada perwakilan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (HUBDAT), Kementerian Perhubungan (KEMENHUB). Sementara itu konsentrator oksigen sedang dalam proses pengiriman, kemudian akan segera dikirimkan ke perwakilan Kementerian Perindustrian untuk dimanfaatkan di tempat-tempat medis yang membutuhkan.

“Dukungan kemanusiaan kepada masyarakat Indonesia merupakan salah satu komitmen kami. Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah atas dedikasi dan tindakannya yang tak tergoyahkan untuk mengatasi pandemi COVID-19 ini. Sinergi positif antara pemerintah dan industri akan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia tidak hanya melalui produk dan layanan, tetapi juga melalui kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan. Saat ini, kami, MMKSI, MMKI dan KTB, sebagai produsen dan distributor produk kendaraan Mitsubishi di Indonesia merasa terhormat untuk mendukung Pemerintah dengan menyediakan Konsentrator Oksigen dan alat test rapid Antigen. ” Eka Rasja Putra Said, Presiden Komisaris Krama Yudha Group, mengungkapkan.

Atas kerjasama dengan Pemerintah Indonesia, grup otomotif Mitsubishi dan Grup Krama Yudha telah memberikan berbagai kontribusi untuk Indonesia, antara lain donasi unit Mitsubishi L-300 dan Outlander PHEV kepada PMI, Mitsubishi FUSO Espasio kepada Pemda DKI Jakarta serta donasi wastafel portable dan masker ke rumah sakit dan fasilitas kesehatan di Jabodetabek serta beberapa kegiatan penanggulangan COVID-19 lainnya dengan PMI. Selain berkaitan dengan pandemi, grup otomotif Mitsubishi dan Grup Krama Yudha Group telah memberikan bantuan kepada korban bencana alam yang terjadi di Sulawesi Barat, Jawa Barat, dan DKI Jakarta bekerjasama dengan beberapa lembaga pemerintah lainnya pada tahun 2020-2021. 

Mitsubishi Automotive Group Dukung Pemerintah Indonesia dalam Program Penanggulangan COVID-19

Tentang Mitsubishi Indonesia

Mitsubishi dan mitra lokal Krama Yudha Group telah berkolaborasi dan menghadirkan produk dan layanan kendaraan dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC) dan Mitsubishi FUSO Truck and Bus Corporation (MFTBC) sejak tahun 1970. Dengan pengalaman dan sejarah yang panjang, skala bisnis telah berkembang pesat hingga saat ini. , diwakili oleh 3 perusahaan berikut, berdasarkan segmen usaha:

  • PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sebagai distributor dan pabrikan resmi Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC), menjual truk light duty Colt Diesel, truk medium duty FUSO & FIGHTER, dan truk heavy duty Tractor Head di bawah Mitsubishi merek Fuso.
  • PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sebagai distributor resmi untuk segmen Mobil Penumpang dan Kendaraan Komersial Ringan merek Mitsubishi Motors Corporation (MMC) di Indonesia
  • PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI), sebagai segmen manufaktur Mobil Penumpang dan Kendaraan Komersial Ringan dari merek Mitsubishi Motors Corporation (MMC)

Aturan Kendaraan yang Boleh Melintas di Jalan Tol

Secara aturan, jalan tol memang hanya diperuntukkan bagi pengguna jalan yang menggunakan kendaraan bermotor. Hal ini dipertegas dalam Peraturan Pemerintah No. 15 tahun 2005 tentang Jalan Tol pasal 1 Ayat 7, di mana pengguna jalan tol adalah setiap orang yang menggunakan kendaraan bermotor dengan membayar  tol. (source: otodetik.com)

Lebih lanjut dijelaskan pada pasal 38 (1), pengguna jalan tol adalah mereka yang memiliki kendaraan roda empat atau lebih. Melansir dari otomotif.kompas.com, terdapat beberapa golongan kendaraan yang boleh melintas di jalan tol, di antaranya:

  • Golongan 1

Kendaraan yang masuk ke dalam golongan pertama ini adalah bus, truk kecil, pick up, jip, dan sedan. Tarif pada golongan pertama ini yang paling rendah dibandingkan golongan lainnya.

  • Golongan 2

Berbeda dengan golongan pertama, pada golongan kedua, jenis kendaraan yang boleh melintas adalah truk dengan dua gandar. Gandar sendiri merupakan sumbu roda pada truk. Di mana, tarifnya lebih tinggi daripada golongan pertama.

  • Golongan 3

Kendaraan yang masuk ke dalam golongan tiga ini adalah truk dengan gandar atau sumbu roda tiga.

  • Golongan 4

Jenis kendaraan yang masuk ke dalam golongan empat adalah truk dengan ganda atau sumbu roda empat.

  • Golongan 5 

Sementara, untuk golongan lima, kendaraannya adalah truk dengan ganda atau sumbu roda lima. 

Namun, pemerintah kemudian mengeluarkan PP No. 44 Tahun 2009 tentang perubahan atas peraturan No.15 Tahun 2005, di mana di dalamnya ditambahkan ketentuan baru terkait akses jalan tol untuk pengguna sepeda motor. Disebutkan, jalan tol dapat dilengkapi dengan jalur khusus untuk sepada motor roda dua. 

Akan tetapi, jalur tol khusus untuk pesepeda motor ini harus terpisah secara fisik dengan jalur kendaraan roda empat. Pemisahan ini dilakukan guna memperhitungkan faktor keselamatan dan keamanan saat berkendara, khususnya untuk sepeda motor. 

Di Indonesia sendiri jalur tol khusus untuk sepeda motor ini sudah tersedia, yaitu di jalan tol Bali Mandara dan Jembatan Surabaya – Madura (Suramadu). Dengan tarifnya sendiri adalah sekitar Rp5.000 dan masuk ke dalam golongan ke-6 kendaraan yang boleh melintas di jalan tol. 

Demikian ulasan singkat mengenai aturan kendaraan-kendaraan yang diperbolehkan melintas di jalan tol, Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!

Jaga Keawetan Ban Dengan Tekanan Angin yang Tepat

Keselamatan berkendara merupakan hal yang wajib diutamakan oleh siapapun. Selain dari kebiasaan mengemudi yang baik dan selalu waspada, mempersiapkan kondisi kendaraan sebelum memulai perjalanan juga merupakan faktor keamanan berkendara. Salah satunya yaitu tekanan angin pada ban kendaraan.

Tekanan yang tepat dapat meningkatkan keamanan karena pengendalian kendaraan dapat dilakukan secara maksimal. Selain itu, juga dapat mengurangi operational cost karena usia pakai ban akan semakin lama sehingga tidak harus sering mengganti ban kendaraan.

Namun, tekanan angin pada angka berapakah yang paling ideal? Dan apa saja dampaknya ketika tekanan angin kurang atau berlebih? Lihat informasinya dalam infografik berikut ini!

Jaga Keawetan Ban Dengan Tekanan Angin yang Tepat

Pemeliharaan Armada Truk dengan Runner Telematics

Fleet maintenance atau perawatan armada adalah serangkaian proses pengelolaan kendaraan dan pengemudi dengan tujuan meminimalkan risiko terkait investasi, meningkatkan efisiensi dan produktivitas, mengurangi biaya transportasi, memenuhi kepatuhan undang-undang kelaikan alat transportasi, dan lain sebagainya.

Sejumlah tujuan di atas jelas mengilustrasikan betapa pentingnya perawatan armada untuk kelangsungan bisnis berbasis kendaraan serta kesehatan kendaraan itu sendiri. Apabila terjadi kerusakan pada armada atau ketidaklayakan kondisi pengemudi, operasional perusahaan tentu dapat terganggu. Oleh sebab itu, kombinasi beberapa hal berikut harus diterapkan oleh manajemen perusahaan untuk merawat armada-armada truknya.

  • Memperhatikan jadwal pemeliharaan armada dan pengaplikasiannya

Keuntungan jangka panjang seperti yang sudah diulas dalam paragraf di atas dapat tercapai hanya jika pemilik armada truk melakukan pemeliharaan kendaraan sesuai jadwalnya. Sebab, memeriksakan armada truk sesuai dengan waktu yang telah ditentukan dapat memudahkan proses pembaruan kondisi terkini armada. Sehingga, apabila ada potensi kerusakan atau ketidaklaikan pada komponen-komponennya, armada truk bisa segera diperbaiki terlebih dahulu.

Selain itu, armada truk yang diservis secara berkala juga dapat kurangi polusi udara, hemat bahan bakar, lebih efisien ketika dikendarai, serta berusia pakai yang lebih panjang dibandingkan armada truk yang tidak dipelihara sesuai jadwal (caradvise.com). Laman CarAdvise juga menyebutkan bahwa kunci umur panjang sebuah kendaraan adalah pengontrolan tingkat cairan (seperti oli, air radiator, dan lain sebagainya) serta penggantian komponen-komponen truk secara teratur. 

  • Mengukur metrik kendaraan secara berkala

Metrik memiliki definisi “satuan pengukuran”. Istilah ini digunakan sebagai dasar perhitungan kinerja kendaraan, tolok ukur atau benchmark armada, serta strategi dan target harian penggunaan truk. Nantinya, hasil dari pengukuran metrik kendaraan ini dapat menginformasikan tentang perawatan apa saja yang sudah diimplementasikan pada armada, pemeliharaan mana yang efektif atau tidak efektif buat armada, serta penilaian atau evaluasi armada pada periode selanjutnya.

Dengan begitu, jelas bahwa pengukuran metrik kendaraan secara berkala bertujuan untuk mengawasi kelayakan masing-masing armada truk. Adapun metrik yang harus diukur dan dicatat secara berkala meliputi pembacaan odometer, konsumsi bahan bakar, hingga biaya-biaya seperti ongkos per kilometer, ringkasan biaya operasional, serta biaya total pemakaian kendaraan.

  • Mencatat perkembangan kendaraan secara digital (aplikasi telematik)

Pencatatan perkembangan kendaraan secara berkala, termasuk pengukuran metrik kendaraan, berarti adanya pertambahan data dalam rentang waktu tertentu. Seluruh data ini sejatinya harus disimpan dalam media digital yang mudah diakses. Pasalnya, teknologi seperti aplikasi telematik dapat menyimpan data armada-armada truk dengan sangat baik untuk kurun waktu yang cukup lama. Sehingga, analisis lanjutan terkait penggunaan armada, pedoman pengemudi, dan lainnya bisa dilakukan secara efisien, akurat, dan eknomis.

Pemilik armada truk FUSO, misalnya, dapat gunakan aplikasi telematik RUNNER yang dikembangkan oleh PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors. Aplikasi ini sangat cocok digunakan sebagai media pencatatan perkembangan kendaraan secara digital sebab ia memiliki fitur manajemen aset dan dokumen kendaraan, yang merupakan bagian dari pencatatan perkembangan kendaraan.

Selain itu, aplikasi yang sudah memenuhi parameter sistem GPS dari Kemenhub ini juga memiliki fitur lain berupa pengawasan kendaraan secara real time, informasi tentang pengemudi selama berkendara, manajemen pengemudi, informasi bahan bakar dalam tangki, dan lain sebagainya yang dapat Anda lihat di sini

  • Menetapkan standar mengemudi tertentu untuk pengendara truk 

Kesehatan dan kelaikan sebuah kendaraan tidak bisa dilepaskan dari tanggung jawab pengemudinya. Sebab, cara berkendara seseorang adalah salah satu faktor penentunya. Maka dari itu, menetapkan standar mengemudi tertentu bagi para pengendara armada truk perusahaan terhitung sebagai tips perawatan armada.

Namun, aturan ini tentu harus dimulai dari perusahaan terlebih dulu. Sebagai contoh, manajemen perusahaan dapat memberikan pelatihan atau seminar soal cara mengoptimalkan bahan bakar, menginspeksi kendaraan rutin secara mandiri, serta trik mengemudi dengan aman dan cerdas kepada seluruh pengemudi truknya. Setelah itu, barulah perusahaan dapat mengaplikasikan standar mengemudi kepada semua pengendara armada truk. Apabila ada yang tidak mematuhinya, perusahaan dapat mengevaluasi atau mengganti pengemudi tersebut. 

Demikian ulasan tentang tips perawatan armada truk perusahaan. Semoga informasi di atas dapat membantu kelancaran produksi perusahaan Anda.

Dampak Idling Pada Truk dan Cara Mengatasinya

Idling pada kendaraan adalah kondisi di mana mesin tetap dibiarkan menyala saat kecepatan kendaraan kurang dari 1 KM/Jam. Biasanya dilakukan pada saat berada di lampu merah atau macet total. Namun, banyak juga kendaraan yang membiarkan mobilnya dalam kondisi idling saat sedang berhenti di pinggir jalan. Misalnya saat sedang beristirahat.

Padahal untuk kendaraan niaga seperti truk, kebiasaan idling dapat meningkatkan biaya operasional akibat terbuangnya bahan bakar selama idle time. Melansir dari situs keeptruckin.com, bahan bakar yang terbuang sia-sia akibat idling adalah sekitar 3 liter/jam. Jumlah yang cukup besar bukan? Terlebih jika Anda memiliki cukup banyak kendaraan niaga dan semuanya memiliki idle time yang tinggi.

Selain faktor bahan bakar, kebiasaan idling juga dapat memberikan dampak negatif lainnya,  di antaranya:

  • Minyak pelumas lebih boros

Idle time yang tinggi akan menyebabkan periode penggantian oli atau minyak pelumas lebih boros. Sebab, pada saat idling, oli masih tetap bekerja untuk melumasi mesin.

  • Menyumbang polusi udara

Pada saat idling, mesin menyala sehingga kendaraan akan mengeluarkan gas buang hasil pembakaran yang merupakan salah satu penyebab polusi udara.

Menghentikan kebiasaan idling saat mengemudi bukan hal yang mudah, tetapi Anda bisa setidaknya mengurangi jumlah idle time dengan cara:

  • Memanfaatkan fleet management

Fleet management merupakan teknologi yang membuat Anda bisa melakukan monitor atau pengawasan terhadap semua kendaraan niaga milik Anda, termasuk masalah idle time. Untuk Anda yang menggunakan KTB Fuso sebagai kendaraan niaga pendukung bisnis Anda, maka bisa memanfaatkan Runner Telematics. Melalui aplikasi ini Anda bisa memantau seberapa sering pengemudi truk Anda melakukan idle time untuk menganalisa penyebabnya. Dengan begitu Anda bisa mencari cara penyelesaian terbaik dalam mengatasi masalah ini berdasarkan data yang dimiliki.

  • Memanfaatkan Fitur automatic engine start/stop

Sesuai dengan namanya, fitur ini memungkinkan mesin untuk mati secara otomatis dalam kondisi tertentu. Sensor yang digunakan oleh fitur ini mungkin bisa berbeda pada setiap kendaraan, ada yang menggunakan pedal rem, posisi persneling, dan sebagainya. Mesin yang mati akibat fitur ini dapat kembali hidup tanpa perlu melakukan starter ulang. Misalnya untuk mesin yang mati saat menginjak pedal rem dalam rentang waktu tertentu, maka mesin akan menyala otomatis juga ketika pedal rem dilepas.

  • Mengedukasi driver

Hal paling penting dalam usaha untuk mengurangi idle time adalah dengan mengedukasi driver tentang dampak negatif kebiasaan ini. Jika driver atau pengemudi kendaraan niaga menyadari sendiri akan dampak tersebut dan memutuskan untuk berusaha menguranginya, maka dijamin idle time kendaraan niaga Anda akan langsung berkurang secara drastis.

  • Memberi fasilitas peristirahatan (truk jarak jauh)

Banyak pengemudi truk jarak jauh yang melakukan idling selama beristirahat di dalam truk saat perjalanan jauh. Alasannya adalah karena beristirahat dalam truk yang mesinnya menyala lebih nyaman dibandingkan saat mesin mati. Untuk kondisi ini, maka salah satu jalan keluarnya adalah menyediakan tempat peristirahatan untuk pengemudi Anda seperti penginapan yang tidak terlalu mahal tetapi nyaman. Selain dapat mengurangi idle time, fasilitas ini juga bisa meningkatkan loyalitas pengemudi kendaraan Anda karena merasa bahwa Anda memerhatikan kenyamanan dan kesehatan dari pengemudi.

Menghentikan kendaraan dari idling tidak mungkin bisa dilakukan, terutama ketika berada dalam kondisi macet atau lampu merah. Tetapi jika kendaraan niaga Anda bisa mengurangi idle time dalam situasi yang tidak perlu, maka hal ini akan sangat menguntungkan bagi Anda.

Mitsubishi Fuso Perkuat Eksistensi di Pulau Sumatera dengan Menambah Jaringan Diler ke-54 di Pekanbaru

Pekanbaru, Riau, Indonesia – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan Mitsubishi Fuso di Indonesia, meresmikan dealer ke-54 di pulau Sumatera, PT. Pekanbaru Berlian Motors tepatnya di kota Pekanbaru pada 26 Juli 2021.

KTB kembali menjadi pemimpin pasar di segmen kendaraan niaga sebesar 45,4% di level nasional pada pertengahan tahun 2021 (Januari – Juni). Khususnya di Riau, sejak Januari – May 2021, KTB meraih pangsa pasar sebesar 75,4% dan Colt Diesel sukses mendominasi di area ini dengan pangsa pasar mutlak sebesar 84,9%. Dengan pencapaian luar bias aini, KTB dan dealernya menunggu momen peresmian ini datang, sehingga mereka dapat menjangkau pelanggan lebih dekat untuk memberikan dukungan terbaik.

Bapak Hengky Tenacious, Komisaris Utama Diansarana Group dan Bapak Naoya “Rocky” Takai Presiden Direktur PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors menghadiri acara pembukaan ini secara virtual. Dalam acara peresmian, Bapak Rocky mengatakan, “di samping kami meningkatkan aktivitas online di bawah pandemi COVID-19, saya sangat merasakan pentingnya dan kebutuhan untuk menjangkau pelanggan lebih dekat melalui offline juga. Melalui dealer baru ini, saya ingin mempelajari permintaan nyata pelanggan dan terus mendukung kesuksesan pelanggan kami di Pekanbaru, khususnya di segmen Perkebunan dan transportasi kayu”.

Mitsubishi Fuso Perkuat Eksistensi di Pulau Sumatera dengan Menambah Jaringan Diler ke-54 di Pekanbaru

Dealer ini berlokasi di Jl. H. Imam Munandar No. 100, Kelurahan Tangkerang Timur, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, dengan tanah seluas 7.253 m2 dengan luas bangunan 1.700 m2. Fasilitas telah dilengkapi dengan layanan 3S (sales, service, spare parts) yang di design dengan konsep yang sangat nyaman bagi para konsumen. Bagian dalam dealer dilengkapi dengan sales area yang dapat memajang contoh produk sehingga konsumen dapat melakukan observasi secara langsung dipandu oleh sales representative yang menjadi partner konsumen untuk menemukan solusi tepat bagi usahanya. Terdapat juga fasilitas ruang tunggu yang nyaman dilengkapi dengan fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung, area negosiasi, serta akses Free Wifi dan TV kabel.

Di area bengkel, dealer ini memiliki fasilitas 5 stall besar yang di dukung oleh tenaga mekanik handal, dilatih khusus untuk kendaraan niaga Mitsubishi FUSO dengan suku cadang yang memadai. Dealer ini juga memiliki Mobile Workshop Service (MWS) sehingga kami dapat mendukung pelanggan di Pekanbaru dengan lebih tepat waktu.

“PT. Pekanbaru Berlian Motors melihat potensi yang besar di wilayah ini khususnya di sektor perkebunan. Dengan kehadiran kami yang semakin dekat dengan konsumen, kami siap untuk memberikan pelayanan yang prima kepada seluruh konsumen baik penjualan maupun layanan purnajual”, ungkap Hengky Tenacious dengan bangga.

Dapatkan Promo Menarik di Gebyar Tengah Tahun FUSO

Di pertengahan tahun 2021, Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) mengadakan program tengah tahun bertajuk “Gebyar Tengah Tahun Fuso”. Program ini diadakan dari tanggal 1 Juli – 31 Agustus 2021. 

Selama program berlangsung, customer berkesempatan mendapatkan penawaran menarik yang tentunya tidak boleh dilewatkan. Di mana, setiap pembelian 1 unit Colt Diesel tipe 4 ban Bus Chassis (FE 71 BC, FE 71 LBC, FE 71 LBC Non Cabing, FE Espasio, maka customer akan mendapatkan hadiah langsung berupa 1 unit TV LED 32 inch. Sementara, bagi yang membeli 1 unit FUSO (Fuso Maru P dan Fighter) tipe apapun, maka akan langsug mendapatkan hadiah 2 unit TV LED 32 inch.

Dan untuk pembelian unit dengan menggunakan pembiayaan Dipo Star Finance, customer berkesempatan mendapatkan ekstra hadiah, yakni saldo GoPay sebesar 1.000.000. Promo ini berlaku di setiap pembelian melalui Dealer resmi FUSO ataupun melalui official store FUSO di Tokopedia. 

Sedangkan, jika customer membeli paket service sampai dengan 100.000 KM akan mendapatkan hadiah langsung 1 unit special coffee maker dan voucher tunai sebesar Rp. 50.000. Namun, untuk mendapatkan hadiahnya, customer wajib membuat MOU Extended Service Program – 100,000 KM dengan Dealer resmi FUSO. Tidak hanya itu saja, customer juga harus melakukan kegiatan 1x Periodical Maintenance (50.000 – 100.000 KM). 

Didukung tenaga mekanik yang ahli dan terlatih, Mitsubishi FUSO siap memberikan pelayanan servis terbaik dan terdepan untuk para customer. Bahkan, dengan adanya layanan seperti truck center, mobile workshop service, dan service booking dapat membantu menunjang kinerja pelayanan servis Mitsubishi FUSO kepada customer. 

Namun demikian, untuk syarat dan ketentuan berlaku. Untuk itu, detail informasi lebih lanjut bisa menghubungi Dealer terdekat dari tempat customer berada.

So, mau membeli truk tanpa ribet? Langsung saja beli saat ada program Gebyar Promo Tengah Tahun FUSO. Pasalnya, selain mendapatkan truk berkualitas, Anda juga akan mendapatkan berbagai promo menarik yang ditawarkan Mitsubishi Fuso. 

Jangan sampai melewatkan promonya, ya!

Cara Kerja dan Fungsi Differential Lock

Setiap kendaraan dilengkapi dengan berbagai sistem yang memiliki fungsinya masing-masing. Salah satunya yaitu sistem differential yang bekerja pada area roda kendaraan. Sistem ini ada pada setiap kendaraan karena berkaitan erat dengan keamanan dan keselamatan berkendara. Namun, ada saatnya sistem ini tidak dibutuhkan sehingga beberapa jenis kendaraan dilengkapi dengan fitur differential lock yang akan menonaktifkan sistem ini. 

Sistem Differential

Sistem ini berfungsi untuk mengatur jumlah putaran roda agar tidak sama pada setiap sisinya. Differential akan aktif secara otomatis ketika mobil dalam kondisi:

  1. Manuver atau berbelok
  2. Melewati jalan tidak rata
  3. Mengalami selip ban

Tanpa adanya sistem ini maka mobil akan sulit dikendalikan terutama pada saat Anda melakukan manuver sehingga berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Differential Lock

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, fitur ini berfungsi untuk mengunci sistem differential sehingga seluruh roda memiliki jumlah putaran yang sama. Ada dua differential lock yang bisa dimanfaatkan, yaitu:

  • Inter axle differential lock

Fitur ini akan mengunci sistem differential pada gardan tengah dan belakang sehingga memiliki jumlah putaran yang sama. Namun, tetap tidak mengunci sistem differential pada roda kanan dan kiri. Itulah sebabnya, fitur ini aman digunakan meskipun mobil melakukan manuver. Fitur ini umumnya digunakan pada saat mobil melewati jalanan menanjak yang licin sehingga dapat mencegah terjadinya selip. 

Untuk mengaktifkannya, Anda bisa mengubah posisi tuas ataupun tombol pada dashboard mobil dari posisi unlock menjadi lock. Aktifkan sebelum Anda melewati jalanan licin dan kurangi kecepatan sebelum mengaktifkannya. Fitur ini tidak boleh diaktifkan ketika kecepatan berada di atas 25mph atau sekitar 40 km/Jam. Jika Anda tetap memaksakannya maka dapat berisiko menimbulkan kerusakan yang cukup parah pada kendaraan.

  • Interwheel Differential Lock

Bisa dikatakan, fitur ini merupakan pelengkap dari fitur sebelumnya. Sebab, interwheel differential lock tidak boleh diaktifkan tanpa mengaktifkan inter axle differential lock. Setelah fitur ini diaktifkan, maka seluruh roda pada mobil memiliki jumlah putaran yang sama, baik roda kanan maupun kiri. Ketika fitur ini aktif maka mobil sama sekali tidak boleh dilakukan untuk manuver.

Fungsi utama dari fitur ini adalah untuk mencegah maupun mengatasi mobil mengalami selip saat melewati jalan bergelombang. Misalnya saat ada satu ban yang terjebak pada lubang. Sistem differential akan membuat putaran roda pada ban yang terjebak lebih besar dibandingkan ban yang menapak. Dengan mengunci sistem differential maka jumlah putaran roda akan sama sehingga mobil dapat melaju dan ban yang terjebak kembali menapak di permukaan jalan.

Cara Kerja dan Fungsi Differential Lock

Hal yang harus diingat adalah, segera matikan fitur ini ketika sudah tidak dibutuhkan, khususnya untuk interwheel differential lock. Selain itu, jangan pernah mengaktifkan fitur ini ketika roda sedang berputar dengan cepat.