?>
Fuso Update 19 May 2021

Kenali Penyebab Bead Burn pada Ban Truk

Kenali Penyebab Bead Burn pada Ban Truk

Salah satu kerusakan pada truk ban yang seringkali dialami saat berkendara adalah bead burn. Bead burn sendiri merupakan kondisi di mana ban truk rusak akibat bagian bead terbakar dan karet bead gosong. 

Mengutip laman truckmagz.com, bead burn terjadi karena truk melewati jalanan yang menanjak, menurun, hingga berkelok-kelok. Bukan hanya itu, ada juga penyebab lain yang dapat mengakibatkan bead burn tersebut, yakni:

  • Panas yang berlebihan (overheat)

Terjadinya bead burn pada ban truk disebabkan karena bead ban terbakar akibat pemanasan yang berlebihan (overheat) dari tromol rem lalu menjalar ke bagian pelek (velg) ban. Tromol rem sendiri merupakan salah satu komponen pada ban truk yang berbentuk mangkuk dan berfungsi sebagai media gesekan. 

Jika temperatur pada tromol rem ini meningkat, maka akan sangat rentan menyebabkan bead burn. Terlebih, jika pengoperasian ban truk yang terlalu lama tanpa istirahat. 

  • Sistem pengereman bermasalah

Penyebab lain yang mengakibatkan bead burn adalah karena sistem pengereman pada truk bermasalah. Di mana, sistem pengereman tersebut mengalami gancet sehingga kampas rem menjadi tersangkut dan menempel pada bagian tromol rem. 

Pada saat truk direm, maka kampas rem yang menempel tidak mau terlepas dan terus mengatup pada komponen brake drum. Jika dibiarkan, maka berisiko menyebabkan terjadinya peningkatan suhu pada rem tromol sehingga mengakibatkan bead burn.

  • Pemakaian service brake yang terlalu sering

Kesalahan dalam menggunakan service brake atau lebih dikenal dengan rem kaki yang terlalu sering ketika melewati jalanan yang berkelok-kelok seperti di pegunungan, misalnya, maka dapat menyebabkan terjadinya bead burn pada ban truk. Yang mana, seharusnya harus dibantu dengan engine brake dan exhaust brake. 

Ketika menggunakannya, maka akan terjadi peningkatan suhu akibat kampas rem truk terus menerus bergesekan dengan brake drum. 

  • Posisi bead tidak terpasang sempurna

Mengutip otomotif.kompas.com, bead merupakan pondasi sebuah ban yang terdiri atas beberapa lembar kawat baja yang terbungkus dengan karet compound dan posisinya melingkar di velg ban (bead seat). Saat bead ini tidak terpasang sempurna pada velg ban, maka bisa menyebabkan terganggunya sistem pengereman pada ban yang bisa memicu terjadinya bead burn. 

Untuk itu, saat melakukan pemasangan ban, perhatikanlah posisi bead dengan baik agar nantinya tidak mengakibatkan bead burn. 

Itu dia beberapa penyebab terjadinya bead burn pada ban truk. Nah, supaya ban tidak lagi mengalami kejadian tersebut, ada beberapa cara pencegahan yang bisa dilakukan, seperti:

  • Rawat sistem pengereman truk secara berkala;
  • Pastikan bead terpasang sempurna pada velg ban;
  • Lakukan pendinginan rem dan istirahatkan truk;
  • Gunakan exhaust brake untuk membantu pengereman. 

Dengan melakukan pencegahan, maka bead burn pun bisa diatasi dengan baik. Semoga bermanfaat!