?>
Fuso Update 26 October 2020

Kondisi Industri Logistik Akibat Pandemi dan Strategi Menghadapinya

Kondisi Industri Logistik Akibat Pandemi dan Strategi Menghadapinya

Pandemi yang terjadi sejak awal tahun 2020 telah mempengaruhi banyak hal, termasuk industri logistik. ResearchAndMarkets.com memperkirakan bahwa pasar logistik global akan mengalami kenaikan tajam setelah pandemi, yaitu dari US$2.734 miliar pada tahun 2019 menjadi US$3.215 miliar di tahun 2021. Hal ini disebabkan adanya perubahan perilaku masyarakat yang biasa berbelanja ke toko konvesional menjadi belanja online, sehingga membutuhkan jasa perusahaan logistik untuk pengiriman barang dari toko ke konsumen.

Namun, kondisi yang berbeda terjadi pada industri logistik B2B yang menangani pengiriman dalam skala besar. Dalam situs strategyand.pwc.com disebutkan bahwa menurut Thomson Reuters, dalam 3 bulan pertama tahun 2020 total pengembalian pada pemegang saham untuk LSP (Logistic Service Provider) terkemuka yang berada di GCC turun menjadi -15% dan -25%. Kondisi yang sama juga terjadi pada banyak perusahaan logistik B2B lain di seluruh dunia.

Di Indonesia sendiri, ketua asosiasi logistik dan forwarder Indonesia (ALFI), Yukki Nugrahawan Hanafi, mengatakan industri logistik yang paling terkena dampaknya adalah perusahaan ekspor-impor. Adanya pembatasan transportasi serta pembatasan sosial di Indonesia dan berbagai negara lain merupakan penyebabnya. Hal ini semakin terlihat dari hasil survei yang dilakukan oleh ALFI pada bulan Agustus 2020 lalu untuk melihat kemampuan bertahan perusahaan yang menjadi anggotanya. Berikut hasil survei yang telah dirilis:

  • 12,6% responden menyatakan sanggup bertahan 3 bulan ke depan
  • 35,4% responden menyatakan sanggup bertahan 3-6 bulan ke depan
  • 51,9% responden menyatakan sanggup bertahan 6-12 bulan ke depan

Selain itu, 95,6% responden menyatakan bahwa terjadi penurunan pendapatan usaha selama masa pandemi, sementara 4,4% lainnya mengalami kenaikan pendapatan atau tidak mengalami kenaikan maupun penurunan.

Untuk itu Mitsubishi Fuso menyediakan layanan Runner Telematics yg tidak hanya berfungsi sebagai layanan berbasis pelacakan GPS kendaraan, namun juga dapat mengumpulkan data-data penting yang bisa digunakan membantu manajemen operasional truk. Misalnya mengatur operasional truk, memantau langsung kondisi dan posisi truk, mengatur jadwal servis, mengevaluasi kerja sopir, menganalisa bisnis, berkomunikasi lewat call center (021-47899200) untuk bantuan teknis dan darurat, serta memudahkan pengawasan bisnis karena bisa dilakukan menggunakan ponsel.

Untuk dapat bertahan menghadapi situasi ini, tentu saja perusahaan harus menerapkan strategi yang tepat. Terlebih lagi, belum ada kepastian mengenai kapan pandemi ini akan berakhir. Menurut situs strategyand.pwc.com berikut ini adalah beberapa strategi yang bisa diterapkan:

  • Menekan biaya

Perusahaan harus mampu untuk menekan biaya dari berbagai sektor. Misalnya dengan memberikan pelatihan cara berkendara untuk menghemat bahan bakar, perawatan kendaraan agar komponen lebih awet, dan sebagainya. Selain itu, pemilihan truk yang tepat juga bisa membantu menekan biaya operasional. Mitsubishi Fuso merupakan pilihan tepat dalam menunjang bisnis perusahaan, karena menawarkan life-cycle value terbaik mulai dari kualitas produk, ketersediaan layanan purna jual, hingga solusi bisnis yang menyesuaikan kebutuhan pelanggan. 

  • Penentuan tarif

Memberikan tarif khusus seperti diskon dapat menarik perhatian potential customer. Sebab, di masa pandemi seperti ini, tidak hanya perusahaan Anda yang berusaha menekan pengeluaran, begitu juga dengan perusahaan lainnya. Diskon khusus juga bisa diberikan pada customer tetap untuk mempertahankan hubungan baik dengan mereka. Jangan lewatkan penawaran menarik berupa promo hingga 40% untuk paket Service dan Spare Part kendaraan Mitsubishi Fuso yang berlangsung selama bulan Oktober-November 2020. 

  • Perluas koneksi

Jalin hubungan baik dengan pihak-pihak yang dapat memperlancar proses bisnis Anda. Hubungan yang baik akan membuat pihak tersebut tidak mempersulit Anda dan bahkan bisa membantu Anda mempercepat suatu proses. Sebagai Andalan Bisnis Sejati, Layanan Mitsubishi Fuso akan tetap siaga melayani pelanggan. Konsultasi bisnis pelanggan tetap berjalan melalui pertemuan secara virtual 

  • Manfaatkan teknologi

Mengerjakan sesuatu secara manual berpotensi timbulnya masalah akibat human error. Adanya double data, data yang belum terproses, dan sebagainya. Namun, dengan memanfaatkan teknologi perusahaan logistik dapat meminimalis risiko tersebut sehingga kerugian akibat kesalahan dapat terhindarkan. Mitsubishi Fuso menawarkan sistem manajemen fleet yang dapat diakses secara mudah dan efisien melalui aplikasi RUNNER Telematics. Aplikasi ini dapat mengatur operasional armada perusahaan seperti job order planning, monitoring kendaraan secara real time, pengaturan kendaraan, pengaturan pengemudi, jadwal perawatan/perbaikan kendaraan, hingga pelaporan dan evaluasi kinerja kendaraan dan pengemudi secara keseluruhan. 

Hal penting yang harus diingat, strategi bisnis apapun yang Anda terapkan harus sesuai dengan peraturan yang berlaku di Indonesia. Agar bisnis Anda tetap bisa berjalan dengan lancar tanpa berisiko terkena masalah di masa mendatang.