?>
Siaran Pers 01 October 2019

Mitsubishi Fuso Meluncurkan Truk Heavy-duty Super Great Model 2019, HDT Pertama di Jepang yang Dilengkapi Teknologi Pendukung Kemudi Otomatis Level 2

Mitsubishi Fuso Meluncurkan Truk Heavy-duty Super Great Model 2019, HDT Pertama di Jepang yang Dilengkapi Teknologi Pendukung Kemudi Otomatis Level 2

Kawasaki, Jepang – Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC), salah satu produsen kendaraan niaga terbesar di Asia, di bawah naungan Daimler Truck Asia, meluncurkan Super Great model tahun 2019 pada 23 Oktober 2019. Super Great terbaru ini merupakan HDT pertama di Jepang yang dilengkapi dengan teknologi pendukung kemudi otomatis level 2, setara dengan teknologi pendukung kemudi otomatis dari the Society of Automotive Engineers (SAE). Super Great model 2019 akan tersedia melalui perusahaan penjualan MFTBC dan unit penjualan regional di seluruh Jepang mulai dari Oktober 2019.

Super Great terbaru hadir dengan teknologi pendukung kemudi otomatis level 2 dengan sistem “Active Drive Assist”, serta “Active Brake Assist 5 (ABA®5)” yaitu sistem mitigasi benturan yang dapat secara signifikan dapat mengurangi beban pengemudi.

“Active Drive Assist” menganalisa kondisi dan jalur jalan berdasarkan pada informasi yang diperoleh melalui kombinasi radar berpresisi tinggi serta kamera yang dipasang di bagian depan kendaraan. Sistem pendukung kemudi otomatis level 2 dapat mengontrol akselerasi, rem, dan kemudi secara bersamaan. Sistem ini dapat berjalan melalui kombinasi sistem control cruise Proximity Control Assist® serta sistem Lane Keeping. “Active Drive Assist” akan membantu mengurangi rasa lelah pengemudi sehingga tetap aman berkendara. Terlebih lagi sistem “Lane Departure Protection” versi terbaru akan membawa kendaraan tetap dalam jalur saat input kemudi memasuki kecepatan 60km/jam atau lebih.

Super Great model 2019 juga dilengkapi dengan fitur Active Brake Assist 5 (ABA®5) terbaru dengan akurasi yang lebih tinggi, memberikan tingkat keselamatan lebih tinggi. ABA®5 mencapai tingkat akurasi yang lebih tinggi dengan mengkombinasikan radar konvensional serta kamera yang dipasang di kaca depan, memungkinkan kendaraan dapat dihentikan secara otomatis sehingga dapat menghindari benturan. Selain itu, akurasi untuk mendeteksi pejalan kaki semakin ditingkatkan sehingga memungkinkan kendaraan dapat menghindari tabrakan dengan pejalan kaki.

Super Great model 2019 juga dilengkapi dengan sistem keselamatan berkendara tingkat tinggi. Sistem Intelligent Headlight Control (IHC) secara otomatis mengalihkan lampu agar lebih terang pada saat kondisi gelap, serta lebih redup pada saat kondisi terang, melalui kamera yang dipasang di kaca depan. Fitur ini menghilangkan pengaturan lampu secara manual oleh pengemudi. Super Great 2019 juga dilengkapi dengan sistem Traffic Sign Recognition (TSR), dirancang khusus untuk untuk mendeteksi rambu lalu lintas di Jepang dengan menggunakan teknologi pengenalan gambar dan menampilkan rambu lalu lintas pada layar instrumen.

Peluncuran Super Great model 2019 merupakan bagian dari strategi Daimler Truck menuju otomatisasi truk level 4. Super Great mengikuti jejak Mercedes-Benz Actros dan Freightliner Cascadia, menjadi HDT ketiga yang memiliki fungsi teknologi pendukung kemudi otomatis level 2. Awal tahun ini, Daimler Trucks telah berkomitmen untuk menginvestasikan 500 juta Euro dalam pengembangan teknologi pendukung kemudi otomatis level 4. Sejak itu, Daimler Trucks telah meresmikan Autonomous Technology Group, sebuah organisasi global yang mengkoordinasikan penelitian dan pengembangan teknologi kemudi otonom untuk truk-truk di Eropa, AS, dan Jepang. Organisasi ini mengakusisi saham yang cukup besar di TORC Robotics, sebuah startup terkemuka yang berbasis di AS. Komitmen global yang begitu kuat ini memungkinkan Mitsubishi Fuso untuk meluncurkan truk otonom berkemampuan level 4 untuk penggunaan di jalanan umum Jepang begitu regulasinya memadai.

*Super Great®, Proximity Control Assist®, ABA®, telah terdaftar sebagi merek dagang MFTBC.

Super Great model keluaran tahun 2019 

Mitsubishi Fuso Meluncurkan Truk Heavy-duty Super Great Model 2019, HDT Pertama di Jepang yang Dilengkapi Teknologi Pendukung Kemudi Otomatis Level 2

Sistem “Active Drive Assist”

Sistem “Active Drive Assist” menggabungkan system control cruise adaptif Proximity Control Assist dengan fungsi tambahan untuk mengontrol arah depan dan belakang kendaraan, system start / stop yang mengontrol akselerator, rem dan kemudi, sehingga dengan demikian dapat membantu pengemudi mengoperasikan kendaraan dan berkendara dengan aman.

  • “Lane Keeping” membantu pengemudi tetap berada dalam jalur dengan cara mengendalikan kemudi si seluruh rentang kecepatan. Ini diaktifkan oleh kamera yang mengenali jalur jalan pada saat kendaraan berjalan
  • Jika pengemudi secara tidak sengaja berpindah jalur pada saat kecepatan kendaraan 60km/jam atau lebih, maka sistem”Lane Departure Protection” akan membantu membawa kendaraan tetap dalam jalur melalui input kemudi otomatis.

*Sistem “Active Drive Assist” bukan sistem kemudi otonom. Ini adalah sistem pendukung kemudi otomatis yang setara dengan SAE Level 2. Pengemudi merupakan agen utama dan tanggung jawab sepenuhnya berada pada pengemudi.

Active Brake Assist 5 (ABA®5)

ABA®5 mencapai tingkat akurasi yang lebih tinggi dengan mengkombinasikan radar konvensional serta kamera yang dipasang di kaca depan, memungkinkan kendaraan dapat dihentikan secara otomatis sehingga dapat menghindari benturan. Selain itu, akurasi untuk mendeteksi pejalan kaki semakin ditingkatkan sehingga memungkinkan kendaraan dapat menghindari tabrakan dengan pejalan kaki.

*ABA® telah terdaftar merek dagang MFTBC. 

Intelligent Headlight Control (IHC)

Sistem Intelligent Headlight Control (IHC) secara otomatis mengalihkan lampu agar lebih terang pada saat kondisi gelap, serta lebih redup pada saat kondisi terang, melalui kamera yang dipasang di kaca depan.

Traffic Sign Recognition (TSR)

Traffic Sign Recognition (TSR), dirancang khusus untuk untuk mendeteksi rambu lalu lintas di Jepang dengan menggunakan teknologi pengenalan gambar dan menampilkan rambu lalu lintas pada layar instrumen.

*The respective safety systems need to meet certain operating conditions to work properly. Depending on road or weather conditions, there are instances where they may not work as expected.

*Sistem keselamatan harus memenuhi beberapa kondisi agar dapat berjalan sempurna. Tergantung pada konsisi jalan, cuaca, dll, ada beberapa kondisi dimana sistem ini tidak berfungsi seperti yang diharapkan.

Mitsubishi Fuso Meluncurkan Truk Heavy-duty Super Great Model 2019, HDT Pertama di Jepang yang Dilengkapi Teknologi Pendukung Kemudi Otomatis Level 2

Truckonnect®

Truckonnect® is a service that allows truck owners and fleet operators to check real-time data on trucks in operation via your personal computers or mobile devices. The Truckonnect® telematics system, installed from the 2017 model onward, is also enhanced with upgraded remote diagnostic and vehicle management functions as well as a new geofencing feature, which offers a notification when the truck enters or leaves a certain area.

* A separate application for the Truckonnect service is required.  

* Truckonnect® is a registered trademark of MFTBC.

Truckonnect® merupakan layanan yang memungkinkan pemilik truk dan operator armada untuk memeriksa data operasional truk secara real-time melalui personal computer atau mobile device. Sistem telematik Truckonnect® dipasang pada model keluaran tahun 2017 dan seterusnya, juga ditingkatkan dengan fungsi diagnostic dan penunjuk ara, yang menawarkan pemberitahuan ketika truk memasuki atau meninggalkan area tertentu.

*Diperlukan aplikasi terpisah untuk layanan TruckConnect

* Truckonnect® telah terdaftar sebagai merek dagang MFTBC