Peduli Kemanusiaan dan Kesehatan

 
/58c987982cd40_58c987982cd8e.png /website/static/img/divider_news.png

Penanggulangan Bencana Alam

31 Jul 2016

Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) terus berperan aktif dalam membantu penanggulangan bencana alam di berbagai wilayah Indonesia. Dalam sejumlah kesempatan berbeda KTB memberikan donasi, baik berupa dana ataupun kendaraan untuk membantu penanggulangan bencana alam.

Gempa bumi dasyat yang terjadi di DI Yogyakarta pada tahun 2007, meluluh lantahkan hampir sebagian besar kota Gudeg tersebut, KTB dan Mitsubishi Group sebagai bagian dari masyarakat Indonesia turut berperan aktif dalam menanggulangi bencana yang terjadi di Indonesia. 3 unit L200 Super Pick Up, 6 unit Colt Diesel di donasikan dari KTB & Group untuk membantu penanggulangan bencana alam gempa bumi.

Di tahun 2009, Indonesia kembali dilanda gempa bumi, yaitu di Padang dan Tasikmalaya. Sebagai bentuk kepedulian, KTB & Group memberikan bantuan senilai Rp 1.000.000.000,- kepada PMI.

Tahun 2010, bencana kembali terjadi di Yogyakarta, meletusnya Gunung Merapi membuat kota Yogyakarta lumpuh. Di tahun ini juga, gempa bumi melanda Kepulauan Mentawai. Sebagai bentuk kepedulian, KTB dan Group memberikan bantuan sebesar Rp 1.500.000.000,- dan 2 unit mobil tanki air diberikan ke PMI untuk membantu dalam penanggulangan bencana.

Di tahun 2015, Jakarta dilanda banjir yang cukup besar dan KTB tentunya tidak tinggal diam sebagai salah satu warga Jakarta. KTB pun mendonasikan dana sebesar Rp 50.000.000,- kepada PMI untuk membantu penanggulangan banjir Jakarta.

Di tahun 2015, Gunung Sinabung kembali mengeluarkan awan panas dan debu vulkanik ke daerah sekitarnya. Letusan Gunung Sinabung yang telah mulai terjadi pada tahun 2010 meninggalkan banyak duka bagi masyarakat Karo, Sumatera Utara.

Prihatin dengan bencana yang terjadi, KTB dan Group memberikan donasi berupa dana kepada PMI sebesar Rp 2.500.000.000,- untuk membantu penanggulangan bencana yang terjadi.

Dana bantuan kemanusiaan dari KTB & Group, digunakan oleh PMI untuk membuat Posko Tanggap Darurat Bencana, pembuatan 1 unit ambulance, 1 unit truk tangki air untuk distribusi air bersih di 9 posko pengungsian, pembangunan fasilitas sumur bor dan MCK di Posko PMI Kabupaten Karo.

Selain itu dana bantuan kemanusiaan ini juga digunakan untuk pemeriksaan media di 9 titik pengungsian dengan total + 2.000 pasien dan pendistribusian 27.350 buah masker kepada masyarakat Kabupaten Karo dan sekitarnya serta layanan dukungan psikososial selama bulan Oktober – Desember 2015 untuk + 2.000 orang.

Tidak hanya bekerja sama dengan PMI, KTB juga bekerja sama dengan institusi sosial lainnya seperti Aksi Cepat Tanggap, Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan lain – lain, untuk ikut berperan aktif dalam membantu korban bencana alam.

Peduli terhadap kemanusiaan menjadi salah satu perhatian penting KTB dalam kegiatan tanggung jawab sosialnya, karena KB menyadari betul keberadaannya sebagai Good Corporate Citizen untuk terus berbagi dan peduli dengan sesama.