berita fuso

/566554b246968_566554b246972.jpg /website/static/img/divider_news.png

TARGET 2015, MITSUBISHI FUSO INCAR 50% PANGSA PASAR KENDARAAN NIAGA

10 Feb 2015 [Bisnis Indonesia]

PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), authorized distributor kendaraan Mitsubishi di Indonesia dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC) dan Mitsubishi Fuso Truck & Bus Corporation (MFTBC) siap menghadapi tahun 2015 untuk tetap mendominasi pasar sebagai Truk No.1 di Indonesia.

Tahun 2014 merupakan tahun yang penuh tantangan bagi pasar kendaraan niaga di Indonesia, hal ini dikarenakan terjadinya penurunan di sektor pertambangan, Pemilihan Umum, lemahnya pertumbuhan ekonomi global yang menyebabkan depresiasi nilai rupiah, hingga kenaikan BBM berdampak pada melemahnya pasar kendaraan niaga. Imbasnya, para pebisnis yang notabene merupakan konsumen kendaraan niaga cenderung menunda / membatasi pembelian kendaraan. Sehingga penurunan angka penjualan di pasar kendaraan niaga tak dapat dihindari.

Melihat kondisi sebelumnya, di tahun 2015 ini KTB optimis pasar 2015 akan lebih stabil. Terlebih ketika Pemerintah Indonesia menurunkan harga BBM yang sempat melambung di akhir 2014 lalu dan membawa angin segar bagi berbagai sektor. Selain itu, sektor infrastruktur, logistik dan perkebunan juga diprediksi meningkat, sehingga KTB akan fokus meningkatkan penjualan produk di sektor tersebut.

Kinerja 2014

Merujuk data penjualan secara retail sales, pasar kendaraan niaga nasional se­lama tahun 2014 mencatatkan angka pen­jualan 120.305 unit, mengalami penurunan -16.9% dibandingkan tahun 2013.

Meskipun pasar kendaraan niaga menurun, perolehan pangsa pasar Truk Mitsubishi justru mengalami kenaikan dengan menguasai 46,8% pangsa pasar, sedangkan di tahun 2013 memperoleh 45,4%. Hal ini semakin memperkuat posisi Truk Mitsubishi sebagai market leader selama 44 tahun. Hal yang sama juga disampaikan oleh Rizwan Alamsjah selaku Executive Marketing Director KTB yang menyatakan pasar kendaraan komersial secara keseluruhan menurun, namun market share Mitsubishi Fuso justru meningkat selama tiga tahun berturut-turut.

Masih mengacu pada data penjualan retail sales, penjualan kendaraan niaga Truk Mitsubishi Januari – Desember 2014 tercatat sebanyak 56.270 unit, dimana penjualan terbesar berasal dari Colt Diesel yang termasuk dalam segmen light duty truck, yang selama tahun 2014 tercatat sebanyak 51.996 unit, menguasai 54,1% pangsa pasar di kelasnya.

Sedangkan untuk kelas medium duty truck, Fuso memperoleh 4.628 unit dengan 22,1% pangsa pasar. Perolehan pangsa pasar Fuso cenderung mening­kat semenjak peluncuran varian baru di kelas MDT sepanjang tahun 2014, dimana KTB lebih banyak meluncurkan varian di kelas MDT. Hal ini memberikan indikasi bahwa produk-produk yang di­luncurkan KTB dapat diterima dengan baik oleh pasar.

Tahun 2014, juga merupakan momentum kehadiran New Fuso di Indonesia kategori MDT untuk memenuhi kebutuhan konsumen dengan chassis yang lebih panjang untuk bisnis logistik / kargo dan juga angkutan di segmen konstruksi. New Fuso merupakan varian yang diimpor langsung dari pusat perakitan MFTBC di wilayah Asia. Produk ini mengadopsi mesin serta teknologi canggih truk Fuso yang sudah beredar di beberapa negara Asia lainnya, namun tetap dapat beradaptasi dengan kondisi serta bahan bakar yang ada di Indonesia.

Target dan Pengembangan 2015

Bercermin pada hasil penjualan di tahun lalu, KTB tidak mematok target tinggi untuk tahun 2015. “Pasar masih belum stabil, maka dari itu kami realistis memasang target yang dapat kami capai. Paling besar naik 10%” ujar Rizwan. Dengan target lebih dari 60.000 unit di tahun 2015, KTB yakin perolehan pangsa pasar Mitsubishi Fuso akan semakin dominan. Di tahun 2015 KTB memiliki rencana untuk meluncurkan 12 (dua belas) varian baru lagi sehingga konsumen memiliki lebih banyak pilihan yang dapat memenuhi kebutuhan bisnisnya. Saat ini Mitsubishi Fuso telah memiliki 28 varian kendaraan niaga, dan dengan penambahan varian baru di tahun 2015 secara total KTB akan memiliki 40 varian yang terdiri dari segmen Light Duty Truck, Medium Duty Truck, dan Heavy Duty Truck.

Untuk mengantisipasi banyaknya per­mintaan layanan Purna jual, ditahun 2015 ini KTB akan mengembangkan berbagai fasilitas purna jual: 14 Truck Center, 119 unit Mobile Workshop, 221 unit Box Delivery Car, 24 Part Depo, dan 4.667 part shop yang tersebar di seluruh Indonesia.

Setiap rencana 2015 telah dipikirkan dengan matang oleh KTB, agar tetap menjadi Truk No.1 di Indonesia dan dapat membuktikan bahwa Mitsubishi Fuso pemimpin pasar kendaraan niaga Indonesia selama 44 tahun. Dengan didukung oleh produk-produk berkualitas serta layanan purna jual terbaik yang tersebar di seluruh Indonesia, KTB optimis tetap dapat menguasai pasar kendaraan niaga di tahun-tahun mendatang, karena Truk Mitsubishi Andalan Bisnis Sejati.