berita fuso

/56e181f152f33_56e181f153024.png /website/static/img/divider_news.png

Mitsubishi Fuso Rajanya Kendaraan Niaga (Truck Magz)

10 Mar 2016

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku Distributor Resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC) dan Mitsubishi Fuso Truck & Bus Corporation (MFTBC), sukses mempertahankan posisi-nya sebagai Truk No. 1 di Indonesia selama 45 tahun.

Pasalnya, pasar kendaraan niaga sepanjang 2015 menurun hingga 32% dibandingkan tahun 2014, dengan volume unit yang terjual sebanyak 82.456 unit, namun Mitsubishi Fuso justru sukses merajai pasar dengan market share 47% atau setara dengan 38.586 unit. 

Di kelas light duty truck (LDT), Mitsubishi Colt Diesel yang sohor dengan panggilan si ‘kepala kuning’ ini mampu mencatatkan perolehan pangsa pasar di segmen ini sebesar 54,8% pada tahun 2015, yang mengalami kenaikan jika dibandingkan tahun sebelumnya dimana perolehan pangsa pasar 2014 sebesar 54,1%. Demikian juga halnya dengan Mitsubishi Fuso untuk kategori medium duty truck (MDT), pangsa pasarnya juga naik di 2015 menjadi 23,8% jika dibandingkan 2014 sebesar 22,1%. 

Kenaikan secara volume juga terlihat dari produk Mitsubishi New Fuso, yang meningkat tajam hingga 54 persen di tahun 2015. Mengusung desain produk yang modern serta teknologi yang menghasilkan konsumsi bahan bakar lebih ekonomis sehingga membuat konsumen dapat memajukan usaha serta bisnisnya, sekaligus membuktikan kehandalan New Fuso dalam mendukung usaha para pelanggan.

Terbukti sejak kemunculan perdananya di Indonesia pada 3 September 2014 lalu, Mitsubishi New Fuso mampu mendongkrak pangsa pasar di segmen MDT sebesar 1,7% dimana tahun 2015 pangsa pasarnya sebesar 23,8% sedangkan tahun 2014 sebesar 22,1%. 

Duljatmono, Director of Marketing, MFTBC (Mitsubishi Fuso Truck & Bus Corporation) Division, KTB, mengakui bahwa penurunan volume penjualan secara keseluruhan pasti dirasakan oleh semua pelaku industri otomotif, termasuk Mitsubishi. Meski begitu, Mitsubishi Fuso tetap optimis dan selama 2015 lalu terus fokus memenuhi kebutuhan dan harapan para pelanggan sebagai “Andalan Bisnis Sejati”. Dan terbukti sukses dengan tetap mejadi raja di kendaraan niaga dengan sharenya 47%. 

Menurut Duljatmono, KTB menargetkan market share Mitsubishi Fuso akan terus naik diangka 50% dalam jangka menengah mendatang sehingga akan terus menjadi market leader di tahun-tahun berikutnya.. Bermodal etos kerja dengan semboyan Mitsubishi Fuso Truk No. 1 di Indonesia, KTB boleh berbangga dengan pencapaian di 2015 dan mengukuhkan diri sebagai market leader di pasar truk secara nasional selama 45 tahun.

Kesuksesan KTB menguasai pangsa pasar kendaraan niaga Tanah Air tak lepas dari penerapan strategi diferensiasi yang selama ini dilakukannya, dengan melakukan investasi untuk meningkatkan kualitas produk sesuai kebutuhan konsumen serta investasi di berbagai fasilitas layanan purna jual.

Antara lain lewat penambahan Part Depo dan Truck Center dengan konsep zero downtime, guna menjamin layanan perawatan dan perbaikan truk Mitsubishi non-stop 24 jam. Selain itu Mitsubishi Fuso terus menjaga hubungan baik dengan para pelanggan setianya melalui customer visit, Fuso Gathering dan Truck Campaign. Aktivitas tersebut terbukti sukses mempertahankan loyalitas pelanggan Mitsubishi Fuso. 

* Sumber : Data GAIKINDO untuk total penjualan truk di Indonesia, sampai dengan Desember 2015.