berita fuso

/56655b1476f27_56655b1476f34.png /website/static/img/divider_news.png

MENGENAL SI KEPALA KUNING ANYAR DARI MITSUBISHI

18 Nov 2014 [Indopos]

APA yang ada di benak Anda saat mendengar kata “Si Kepala Kuning”? Pasti yang tergambar adalah sebuah truk besar berwarna kuning besutan Mitsubishi. Nah, teranyar, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), authorized distributor kendaraan Mitsubishi di Indonesia dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC) dan Mitsubishi Fuso Truck & Bus Corporation (MFTBC), kembali merilis varian anyar bernama Mitsubishi Colt Diesel FE Super HD-X.

Mitsubishi meluncurkan “Si Kepala Kuning” ini dengan tujuan mempertahankan posisinya sebagai “Raja Jalanan” untuk produk kendaraan enam ban yang sudah dikempit selama 44 tahun. Dengan prestasi memimpin pasar selama 44 tahun, khususnya kendaraan niaga, hal ini membuktikan kontribusi Mitsubishi dalam pembangunan di Indonesia.

Dengan pertumbuhan ekonomi dan pengembangan pembangunan jalan, infrastruktur, gedung, serta perumahan yang terus meningkat, produk ini dinilai menjawab kebutuhan konsumen akan kendaraan angkutan enam ban yang ditujukan untuk area konstruksi, perkebunan, pertambangan, dan angkutan berat lainnya.

Sekadar informasi, Mitsubishi Colt Diesel FE Super HD-X ini ditujukan untuk area konstruksi, perkebunan, dan pertambangan. Varian ini mengedepankan ketangguhan penggunaan di medan berat, karena dilengkapi dengan mesin, chassis dan sistem penggerak yang lebih kuat.

Memang, saat ini perkembangan sektor pertambangan juga turut menyeret jatuh penjualan kendaraan niaga pada sektor ini. Namun, istimewanya, varian terbaru Mitsubishi ini dapat digunakan untuk sektor bisnis lain yang bergerak di area berat seperti perkebunan, infrastruktur, dan lain-lain.

“Pasar kendaraan niaga dan sektor pertambangan memang mengalami penurunan sejak tahun 2013, namun masih banyak permintaan di sektor lain yang juga harus kami penuhi. Maka dari itu kami yakin Mitsubishi Colt Diesel tetap dapat memimpin pasar,” jelas Executive Marketing Director, Rizwan Alamsjah.

Bicara mengenai spesifikasi produk, Rizwan menegaskan bahwa keistimewaan Mitsubishi Colt Diesel FE Super HD-X terletak pada kekuatan mesin dan daya angkut variannya. Apalagi, produk ini juga sudah ditanamkan sejumlah keunggulan utama. Ambil contoh, tenaga mesin berkekuatan 136 PS dengan Torsi maksimum 38 kgm / 1.600 rpm.

Selain itu, ukuran Rear Axle Housing yang lebih besar sehingga mampu menopang beban muatan lebih kuat, menjadikan Colt Diesel FE Super HD-X semakin kokoh dalam membawa muatannya. Mitsubishi juga sudah melengkapi varian ini dengan diameter spindle yang lebih besar sehingga traksi cengkraman roda semakin kuat untuk operasional pada semua medan jalan, terutama medan off-road.

Sejumlah fitur andalan lainnya yakni Rear Axle Shaft yang lebih besar dan kokoh (diameter 38mm) sehingga lebih kuat untuk penggunaan di medan offroad; Differential Gear Set lebih besar sehingga ukuran dan penampang ring lebih besar menjadi 354 mm serta diameter drive pinion lebih besar dan lebih panjang; serta Rear Carrier Kit lebih besar, semakin menegaskan varian ini merupakan produk yang kokoh dan tangguh. Satu lagi, Counter Shaft Bearing (Transmisi) juga sudah menggunakan bahan material yang sudah disempurnakan dan diberi penutup agar umur pemakaian lebih lama.

Rizwan mengakui, spare part Mitsubishi Colt Diesel Super HD-X memiliki banyak kesamaan dengan varian sebelumnya. Hal ini akan memberikan keuntungan tersendiri di mana spare part tersebut dapat saling menggantikan antara satu dengan yang lainnya. “Jadi tak perlu khawatir dengan masalah ketersediaan spare part serta perawatannya. Semuanya dapat diperoleh dengan mudah,” jelasnya.

Bicara mengenai harga, Rizwan juga memastikan harga Mitsubishi Colt Diesel SHD-X terbilang kompetitif. Varian ini ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 256.200.000 (harga off the road, referensi Jabodetabek).

Sekadar informasi tambahan, sejak pertama kali diperkenalkan di awal era tahun 70-an sampai dengan saat ini, populasi kendaraan Mitsubishi Colt Diesel telah mencapai 928.727 unit yang telah tersebar di seluruh Indonesia. Angka ini menyumbang angka terbesar bagi penjualan kendaraan niaga Mitsubishi di Indonesia. Sehingga, total populasi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso yang terdiri dari jenis Colt Diesel dan Fuso menjadi 1.061.455 unit hingga saat ini.

Mitsubishi Colt Diesel sendiri saat ini telah memiliki total 14 varian yang hadir untuk melengkapi seluruh kebutuhan bisnis pelanggan setianya. Keempat belas varian tersebut dibagi ke dalam empat kategori utama yaitu: Super Economical, Super Speed, Super Power, dan Super Capacity.

Seluruh varian tersebut dijual dengan harga yang terjangkau mulai dari harga terendah Rp 190.900.000 sampai dengan harga tertinggi Rp 392.000.000. Mitsubishi mengklaim, dengan keunggulan produk, kemudahan perawatan serta jaringan 3S (sales, service, spareparts) yang tersebar di seluruh Indonesia, akan menjadikan Mitsubishi Colt Diesel menjadi partner bisnis yang menguntungkan bagi para konsumennya.