berita fuso

/566540f9a7d12_566540f9a7d1c.jpg /website/static/img/divider_news.png

KONSUMEN MITSUBISHI FUSO DAPAT PELATIHAN

07 Jun 2015 [Advertorial Indopos]

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) tidak mau tanggung-tanggung dalam memberikan pelayanan maksimal kepada konsumen setia mereka. Kali ini, distributor resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia memberikan ‘zero downtime’ bagi ken- daraan niaga Mitsubishi Fuso dengan mengadakan pelatihan kepada konsumen. Tujuannya agar para mekanik dapat me- lakukan perawatan rutin sehingga kendaraan selalu dalam kondisi optimal.

Memang, salah satu kendala yang umum- nya dihadapi konsumen adalah keterbatasan waktu untuk memeriksakan kendaraan niaga mereka ke bengkel terdekat. Nah, agar lebih menghemat waktu dan tidak memangkas waktu operasional kendaraan niaga mereka, biasanya para konsumen sudah memiliki mekanik tersendiri yang menangani berbagai macam perawatan serta perbaikan.

Hanya saja, ada kendala lain yang kerap dihadapi. Yakni, ketidakpahaman mekanik akan unit yang mereka tangani. Salah pe- nanganan bisa jadi memperburuk kondisi kendaraan.

Melalui latar belakang itu, sejak 2005, KTB rutin membuka kelas pelatihan bagi para mekanik konsumen dan pengemudi (fleet training) yang berasal dari berbagai latar belakang usaha. Fleet training me- rupakan forum bertukar informasi mengenai bagaimana cara berkendara yang baik, serta perawatan kendaraan Mitsubishi Fuso sehingga peserta dapat mengetahui apa yang boleh atau tidak boleh dilakukan pada kendaraan sehingga kendaraan selalu dalam kondisi optimal setiap harinya.

“Dengan semakin bertambahnya varian baru Mitsubishi Fuso, kami wajib mem- berikan edukasi kepada para konsumen,

khususnya para mekanik dan pengemudi, agar ilmunya dapat langsung diterapkan pada kendaraan Mitsubishi Fuso yang mereka miliki,” ujar Rizwan Alamsjah, Executive Marketing Director-MFTBC Marketing Division KTB.

Rupanya, program yang rutin dilakukan KTB ini mendapat feedback positif dari kon- sumen. Bahkan permintaan kelas pelatihan terus meningkat setiap tahunnya. Rizwan menjelaskan, sejak pertama kali dilaksanakan di tahun 2005, total jumlah mekanik konsumen dan pengemudi yang mengikuti training sebanyak 10.015 peserta. Di tahun 2014 saja, telah dilaksanakan 118 kelas pelatihan dengan 1.746 peserta yang berasal 657 perusahaan dari berbagai bidang usaha.

Sedangkan di 2015, dari Januari hingga April 2015, telah dilaksanakan 44 kelas

pelatihan. Hingga akhir tahun 2015 ini KTB menargetkan untuk memberikan 97 kelas pelatihan kepada 2.480 peserta mekanik konsumen.

Adapun materi pelatihan yang diberikan selalu berkembang dari waktu ke waktu, dan hal ini semakin meningkatkan antusias peserta training. Materi varian terbaru juga kerap diberikan, karena biasanya varian yang satu dengan yang lain memiliki kondisi penanganan yang berbeda.

KTB melaksanakan program fleet training dengan dibantu oleh jaringan dealer yang telah tersebar di seluruh Indonesia, sehingga lebih mudah menjangkau peserta pelatihan. Instruktur pelatihan merupakan instruktur terlatih yang berasal dari dealer resmi Mitsubishi Fuso, yang tentunya telah mendapat sertifikasi dari KTB.