berita fuso

/566542aa974c9_566542aa974d3.png /website/static/img/divider_news.png

FLEET TRAINING AGAR KENDARAAN SELALU SIAP DIOPERASIKAN

07 Jun 2015 [Advertorial Sindo Weekly]

Setiap pengusaha sudah pasti berharap akan menjaring keuntungan yang maksimal. Lantaran itu, mereka berharap agar kendaraan penunjang

kegiatan bisnisnya bisa selalu siaga digunakan setiap saat. Bahkan, kegiatan perawatan pun, harus dilakukan tanpa mengganggu produktivitas.

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) menyadari sepenuhnya masalah itu. Authorized distributor kendaraan Mitsubishi di Indonesia itu ingin membantu mewujudkan zero downtime bagi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso yang dimiliki para pengusaha. “Dengan perawatan yang benar, Mitsubishi Fuso akan selalu siap digunakan sehingga benar-benar tercapai zero downtime,” ujar Rizwan Alamsjah, Executive Marketing Director – MFTBC Marketing Division KTB.

Mitsubishi Fuso, ujar Rizwan, harus mendapatkan perawatan rutin sehingga dapat benar-benar menjadi kendaraan Andalan Bisnis Sejati selalu dalam kondisi optimal. Salah satu kendala yang umum dihadapi pengusaha angkutan adalah keterbatasan waktu untuk memeriksakan kendaraan ke bengkel.

Karena itu, para pengusaha umumnya memilih untuk memiliki mekanik sendiri agar perawatan kendaraan bisa dilakukan tanpa memangkas waktu operasional. Namun, terkadang, hal itu juga dapat mendatangkan masalah. Jika mekanik yang mereka miliki tak memiliki pemahaman yang baik pada kendaraan yang mereka tangani, kondisi kendaraan justru akan memburuk setelah dirawat gara-gara terjadi salah penanganan.

Untuk meminimalisir hal tersebut, sejak tahun 2005 KTB rutin membuka kelas pelatihan bagi para mekanik konsumen dan pengemudi (fleet training) yang berasal dari berbagai latar belakang usaha. Fleet training merupakan forum bertukar informasi mengenai bagaimana cara berkendara yang baik, serta perawatan kendaraan

Mitsubishi Fuso sehingga peserta dapat mengetahui apa yang boleh dan tak boleh dilakukan pada kendaraan.

Rizwan menambahkan, kondisi pasar otomotif yang sedang melemah saat ini tak melemahkan komitmen KTB dalam memberikan layanan terbaik. Kondisi ini justru semakin  mendorong KTB untuk lebih maksimal dalam memberikan layanan purna jual, salah satunya melalui program fleet training ini

Program yang rutin dilakukan KTB ini mendapat feedback positif dari konsumen, bahkan permintaan kelas pelatihan terus meningkat setiap tahunnya. Sejak pertama kali dilaksanakan di tahun 2005, total jumlah mekanik konsumen dan pengemudi yang mengikuti training sebanyak 10.015 peserta.

Sepanjang tahun 2014 saja, telah dilaksanakan 118 kelas pelatihan dengan 1.746 peserta yang berasal 657 perusahaan dari berbagai bidang usaha. Sedangkan pada 2015, dari Januari hingga April, telah dilaksanakan 44 kelas pelatihan. Sepanjang tahun ini, KTB menargetkan untuk memberikan 97 kelas pelatihan kepada 2.480 peserta mekanik konsumen.

Materi pelatihan yang diberikan selalu berkembang dari waktu ke waktu, dan hal ini semakin meningkatkan antusias peserta training. Materi varian terbaru juga kerap diberikan, karena biasanya varian yang satu dengan yang lain memiliki cara penanganan yang berbeda.

“Dengan semakin bertambahnya varian baru Mitsubishi Fuso, kami wajib memberikan edukasi kepada para konsumen, khususnya para mekanik dan pengemudi, agar ilmunya dapat langsung diterapkan pada kendaraan Mitsubishi Fuso yang mereka miliki,” ujar Rizwan.

KTB melaksanakan program fleet training dengan dibantu oleh jaringan dealer yang telah tersebar di seluruh Indonesia, sehingga lebih mudah menjangkau peserta pelatihan. Instruktur pelatihan merupakan instruktur terlatih yang telah mendapatkan sertifikasi KTB.

KTB berharap, program fleet training ini dapat memberikan ilmu terapan kepada para mekanik dan pengemudi sehingga dapat melakukan perawatan kendaraan dengan penanganan yang tepat. Dengan begitu, tandas Rizwan, Truk Mitsubishi Fuso selalu siaga melaju mendukung bisnis.